Hadir Forum Digitalk, Darizal Basir : UMKM Pilar Penting Pembangunan Ekonomi Indonesia

banner 120x600

Matarakyat24.com, Painan – H.Darizal Basir (Anggota Komisi I DPR RI) hadir Forum Digitalk yang digelar Kominfo RI dengan tema “Umkm Naik Kelas” di Ranah Ampek Hulu, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Minggu, 04 Februari 2024.

UMKM singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan pilar penting pembangunan ekonomi Indonesia saat ini terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga nantinya diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi negara, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Di Indonesia, sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

Pembiayaan bagi UMKM menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjadi akselerator perkembangan UMKM.

“Diharapkan, ekosistem pembiayaan yang terintegrasi, mulai dari program bantuan sosial sampai pembiayaan komersial lembaga keuangan, dapat mendorong lebih banyak UMKM yang naik kelas dan go export untuk waktu kedepannya”, Harap Darizal.

Jika nanti UMKM berhasil naik kelas, akan banyak bertumbuh manusia-manusia Indonesia yang mandiri dan berdikari. Terbuka banyak lapangan kerja dan pengusaha lokal yang kuat dan bersifat global. Hal ini tentu menjadi pondasi ekonomi yang kuat bagi pertumbuhan dan perekonomian Indonesia.

“Memasuki era digitalisasi, penting kiranya untuk kita mempersiapkan UMKM agar dapat bersaing dalam pasar digital. Dengan memanfaatkan ruang digital tersebutlah, kita akan mengusahakan terjadinya pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM  kedepannya”, tutup Darizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *